Begini Tips Terhindar Dari Kejahatan Carding dan Penipuan Online

Nasabah layanan perbankan sering dibuat khawatir dengan fenomena kehilangan saldo di rekening secara tiba-tiba. Terlebih, kejahatan siber yang mengincar nasabah mengalami peningkatan, seiring perkembangan teknologi.

Praktisi IT Digital, Agung Gempa, dalam acara pelatihan digital di Denpasar Bali

Untuk terhindar dari kejahatan carding, yang merujuk pada tindakan penipuan menggunakan informasi kartu kredit atau debit, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Jaga Kerahasiaan Data Pribadi:
    • Jangan pernah memberikan informasi pribadi atau data kartu kredit kepada siapa pun melalui email, pesan teks, atau panggilan telepon yang tidak dikenal.
  2. Pastikan Keamanan Situs Web:
    • Hanya melakukan transaksi di situs web yang aman dan tepercaya. Periksa URL untuk memastikan Anda berada di situs resmi, dan pastikan ada ikon gembok atau https:// pada alamat situs.
  3. Gunakan Sistem Keamanan Tambahan:
    • Aktifkan verifikasi dua faktor (2FA) jika tersedia pada akun Anda, yang memerlukan langkah tambahan untuk masuk.
  4. Periksa Rekening dan Mutasi secara Rutin:
    • Selalu periksa rekening bank dan mutasi kartu kredit Anda secara berkala untuk mendeteksi transaksi yang mencurigakan atau tidak sah.
  5. Waspadai Phishing:
    • Jangan pernah memberikan informasi pribadi atau masuk ke akun Anda melalui tautan atau pesan yang diterima melalui email atau pesan teks. Buka situs web dengan mengetik alamat resminya sendiri.
  6. Gunakan Kartu Virtual:
    • Beberapa penyedia kartu kredit atau bank menawarkan kartu virtual yang dapat digunakan untuk transaksi online. Ini membantu melindungi nomor kartu fisik Anda.
  7. Gunakan Layanan Keamanan:
    • Gunakan perangkat lunak keamanan yang baik pada perangkat Anda dan pastikan perangkat lunak tersebut selalu diperbarui.
  8. Jangan Bagikan Informasi Kartu Secara Terbuka:
    • Hindari membagikan informasi kartu kredit atau debit secara terbuka di tempat-tempat umum atau di media sosial.
  9. Jaga Kewaspadaan Terhadap Transaksi Online:
    • Saat melakukan transaksi online, pastikan Anda berada di jaringan internet yang aman dan hindari menggunakan komputer umum.
  10. Edukasi Diri:
    • Terus tingkatkan pengetahuan Anda tentang berbagai jenis penipuan online dan cara melindungi diri Anda.

Ingatlah bahwa tindakan pencegahan adalah kunci untuk menghindari kejahatan carding dan penipuan online. Tetap waspada dan pertahankan kebiasaan online yang aman dalam aktivitas finansial Anda. (admin)

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *